Jumat, 27 November 2009

Teknologi Komputer Dalam Masyarakat

Kajian mengenai peran Komputer dalam masyarakat dalam kontribusinya memberikan dukungan kepada berbagai sektor kehidupan masyarakat sudah begitu banyak disajikan bahkan sudah menjadi obrolan dimeja makan. 
Peran Komputer yang disajikan ataupun yang difokuskan adalah pada persoalan teknis dan manfaat teknotogi tersebut belum menyentuh aspek yang lain, padahal ketika suatu system dibangun maka akan berdampak ke semua lini dari masyarakat dan alam semesta. Sedangkan Teknologi komputer diciptakan sebagai pemenuh dari kebutuhan manusia secara komersial dan kebutuhan kepuasan. 
Perkembangan Komputer dalam satu abad ini begitu cepat, dan tak terkendali bahkan melebihi dari perkembangan manusia yang menciptakan teknologi tersebut. Contoh perkembangan untuk sebuah hardware dan software itu hanya membutuhkan kurang dari satu tahun, sedangkan perkembangan manusia dan anak-anak ke remaja membutuhkan minimal 10 tahun begitu juga dari remaja ke dewasa atau kemampuan anak dari baru mampu berdiri sampai berlari itu membutuhkan waktu yang lama. 
Apabila kita sadar ketika suatu perkembangan baru muncul maka kita akan secara langsung maupun tidak langsung akan mendapatkan dampak yang hebat. Baik itu bermanfaat atau malah merugikan. Pada pertengahan tahun 80 perusahaan Hand Phone mulai memasarkan telepon genggam dengan menggunakan nada sambung dan nada peringatan dengan multy nada atau yang sering disebut polyphonic dengan extention “MID”, dan untuk mendapat jenis nada yang dinginkan masih sangat sulit karena masih kesulitan untuk mengkonversi extension nada yang lain (MP1, Mp2, Mp3, dll). Tetapi kalau kita lihat sekarang, begitu mudahnya untuk mendapatkan nada tersebut dan dengan kualitas yang lebih baik.
Uraian diatas hanya contoh kecil yang ada, kalau kita lihat perkembangan secara lebih luas bagaimana ketika lahirnya teknologi Komputer yang dikonvegerasikan dengan teknotogi informasi yaitu Lahirnya Internet.
Internet adalah sebuah teknologi hasil perkawinan perkembangan teknotogi komputer dengan teknologi informasi dimana kedua teknologi tersebut pada intinya sudah ada, tetapi terkadang awam menanggapi teknotogi komputer yang terkini adalah internet, hal ini tidak salah tetapi tidak tertalu benar karena teknologi komputer adalah teknologi digital. Perkembangan teknologi digitalpun bukan hanya komputer tetapi sudah banyak teknologi yang diciptakan secara digital. Dengan lahirnya internet terjadi perubahan disemua sektor begitu cepat sehingga untuk memberikan ataupun meminimalisasi akan kecolongan. 
Ada beberapa hal-hal yang kehidupan masyarakat yang berubah dari lahirnya internet; 
1. Dunia Usaha
Ketika belum lahirnya internet, mungkin Budi Sudarsono sebagai pemilik Detik.com tidak pernah berpikiran bahwa dia akan menjadi salah satu dari 100 orang terkaya di Indoneisa. Dan masih banyak lagi pengusaha-pengusaha baru yang lahir dan jenis perdagangan baru yang muncul.
2. Semua bisa menjadi sumber informasi
Pada saat ini, setiap orang dapat dengan mudah untuk menjadi sumber ataupun mencari sumber informasi, karena tak terbatasnya jaringan komputer yang terkoneksi dengan komputer lain.
3. Kejahatan baru
Para ahli hukum harus bekerja lebih keras dalam mendeskripsikan suatu kesalahan seseorang karena kejahatan yang dilakukan melalui internet belum dapat didefinisikan, contoh seorang Cracker (Hacker dalam pengertian negatif..red) mengambil data orang lain. Apakah dia dapat dikategorikan penjahat/maling? Padahal kalau maling harus ada saksi dan bukti. Dan masih banyak contoh lain yang sering kita temui

Sebenarnya perubahan yang terjadi pada masyarakat begitu banyak, uraian diatas hanya sebagian kecil yang dijelaskan penulis. Untuk perkembangan yang lain akan dimuat dalam artikel edisi selanjutnya.

Tarzon Bursyah, S.Kom


sumber :
http://irfan-na.blogspot.com/2008/02/teknologi-komputer-dalam-masyarakat.html
14 september 2009


0 komentar: